MIL THE SERIES

HEADLINE

MIL THE SERIES

GET FEATURED ON MANGROVING

1.7.16

Kenalkan Aplikasi Magzrover Apps, MANGROVEMAGZ Ikuti Socio Digi Leaders 2016


Konsep Magzrover Apps.

MANGROVEMAGZ. MANGROVEMAGZ mencoba mengikuti program Socio Digi Leaders yang diselenggarakan oleh PT. Telkom Indonesia. Dicuplik dari web Socio Digi Leaders, ini adalah kompetisi ide dalam bentuk aplikasi digital yang bermanfaat sebesar-besarnya untuk lingkungan sosial. Peserta dengan ide yang terpilih akan mendapatkan paid internship dengan bimbingan mentor dalam leadership program, entrepreneurship dan societal need orientation.

Mencoba mengembangkan website magzrover.mangrovemagz.com ke ranah digital, maka MANGROVEMAGZ mencoba mengemasnya dengan konsep yang lebih luas, yaitu sebagai platform Magzrover Apps, seperti keterangan di bawah ini.

Magzrover, Aplikasi Jurnalisme Warga Bertema Mangrove Pertama di Indonesia

Magzrover adalah sebuah aplikasi khusus yang dirancang sebagai sebuah aduan warga berbasis jurnalisme, berkenaan dengan permasalahan mangrove yang terjadi di Indonesia, seperti penebangan, pengalihfungsian lahan, reklamasi pantai dan lain sebagainya.

Sejak zaman Hindia Belanda, hutan mangrove sudah ditebang untuk dialihfungsikan sebagai area pertambakan, pemukiman, kawasan industri, lahan sawit yang berakibat pada penurunan kualitas lingkungan. Banjir rob, intrusi air laut, pencemaran air dan tanah, hilangnya mata pencaharian warga pesisir, adalah contoh dampak buruk penebangan hutan mangrove.

Permasalahan
Saat ini, permasalahan reklamasi pantai di lahan mangrove bahkan sudah menyentuh ranah politik yang berarti juga menyangkut keberadaan suatu negara. Padahal, luas hutan mangrove kita tercatat yang terluas di dunia, yang mencapai 23%. Namun sayang, saat ini, tercatat sudah 71% hutan mangrove Indonesia telah rusak.

Beragam program rehabilitasi mangrove berkonsep top down sudah banyak dilakukan, namun belum optimal. Konsep ini memang mengajak partisipasi masyarakat untuk menanam dan merawat mangrove, namun tidak memunculkan daya inisiatif masyarakat sehingga belum optimal.

Begitu program selesai, masyarakat tak lantas mau untuk meneruskan program yang sudah dicanangkan pemerintah karena tak merasa memiliki program tersebut. Ini terbukti dari data kerusakan mangrove yang terus meningkat yang tidak diikuti dengan peningkatan luasan mangrovenya.

Hal ini berarti, walaupun sudah banyak yang melakukan program penanaman mangrove, namun kerusakan mangrove terus terjadi, tak dapat dihindari. Parahnya, belum ada sistem yang baik, yang dapat melibatkan masyarakat, yang juga mampu memacu inisiatif mereka dalam turut serta menyelamatkan mangrove.

Belum lagi, ditambah dengan minimnya informasi mangrove sehingga semakin mempersulit pencegahan kerusakannya. Ada missing link di program pelestarian hutan mangrove di Indonesia. 

Solusi
Bagaimana solusinya? Magzrover hadir dengan konsep bottom up, dimana dapat menciptakan rasa memiliki, menginisiasi dan melibatkan masyarakat secara real time dalam melaporkan segala permasalahan terkait kerusakan mangrove.

Aplikasi Magzrover dibagi beragam kategori, seperti Aduan, Berita, Artikel, dan kategori lainnya, juga berisi informasi mengenai mangrove untuk memberikan edukasi fungsi dan manfaat hutan mangrove kepada masyarakat.

Berbasis jurnalisme warga, Magzrover juga mengajak warga untuk membuat laporan jurnalistik sederhana, disertai foto dan video, langsung dari lapangan, lalu mempublikasikannya secara langsung. Semua data, fakta dan informasi di Magzrover juga dapat dibagikan ke media sosial, dan dikomentari langsung oleh para penggunanya yang memiliki latar belakang berbeda.

Magzrover Apps
Semua informasi mangrove yang dibuat oleh, dari dan untuk warga ini, selanjutnya akan dihimpun ke website magzrover.mangrovemagz.com, juga akan dapat diakses oleh semua orang, juga pihak terkait, terutama pemerintah, untuk mengatur kebijakan pelestarian hutan mangrove dan masyarakat pesisir di Indonesia secara lebih bijak dan komprehensif.

Magzrover sangat penting karena aplikasi ini adalah jawaban atas missing link program pelestarian hutan mangrove di Indonesia, saat ini. Magzrover juga hadir, untuk mencegah kerusakan hutan mangrove agar tidak terus berkembang dan semakin meluas.

Berikut, video info grafis Magzrover Apps.



Info grafis Magzrover Apps.

"Magzrover Apps, kedepannya tetap akan kami kembangkan di luar kompetisi ini. Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin membuat karya jurnalistik seputar mangrove bersama kami," terang Ganis R. E. selaku Pemred MANGROVEMAGZ. "Banyak sekali warga yang sebenarnya ingin berkontribusi, kami cuma tinggal membuat wadahnya saja. Kita tunggu hasilnya," pungkasnya. (SN).

EVENT TERBARU